Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dua Cara Mudah Test Responsive Template Atau Tema Blog

Dua Cara Mudah Test Responsive Template Atau Tema Blog
AksesBlog.com - Sebenarnya mengecek responsive sebuah template itu bukan sesuatu yang sulit, cara termudahnya kamu bisa membuka blog yang sudah menggunakan template tersebut dari Smartphone kamu dan lihat apakah terlihat dengan baik disana.

Namun jika kamu seorang yang mulai belajar membuat template blogger yang responsive sendiri seperti saya, mungkin tujuan nya akan menjadi sebagai berikut :
  1. Mengecek responsive template di semua device baik diakses dari desktop maupun diakses menggunakan mobile.
  2. Menyesuaikan layout responsive agar mudah diakses di berbagai device.
Apapun alasannya, setidaknya kamu bisa tahu bagaimana cara mengecek responsive pada template blog, agar ketika di gunakan kamu bisa lebih yakin apakah template tersebut bisa dengan mudah diakses di berbagai device.

Menggunakan Fitur Inspect Google Chrome

Saya rasa semua orang sudah terbiasa menggunakan Google Chrome dan semua perangkat PC dan Laptop saya rasa pasti memiliki Google Chrome, karena memang browser satu ini adalah salah satu browser tersbaik saat ini selain Safari dan Mozila Firefox.
  • Buka "Google Chrome" dan Buka situs yang ingin kamu test responsivenya.
  • Misalnya kamu mengakses "AksesBlog.com" selanjutnya kamu bisa klik kanan dimana saja, dan klik "Inspect" atau lebih mudahnya kamu bisa menggunakan kombinasi keyboard "Ctrl + Shift + i".
  • Setelah itu agar kamu bisa masuk ke mode Toolbar Device di Google Chrome, kamu bisa menggunakan kombinasi "Ctrl + Shift + M" dan lihat hasilnya.
Dua Cara Mudah Test Responsive Template Atau Tema Blog
Klik Untuk Perbesar
Pada tampilan tersebut kamu bisa sesuaikan semua dengan kebutuhan kamu sendiri, ada berbagai pilihan device disana mulai dari Galaxy S5 hingga Iphone ada disitu. Sebenarnya kita hanya fokus untuk ukuran devicenya saja, jadi ketika blog kita diakses melalui device tersebut tampilannya akan menyesuaikan dengan devicenya.

Jadi kita tidak perlu membeli devicenya, melainkan kita hanya perlu melihatnya di aplikasi Device Toolbar seperti ini, dan mengecek tampilannya apakah terlihat baik atau berantakan.

Menggunakan Fitur Web QuirkTools.com

06 Oktober 2019 07 Oktober 2020 - Situs QuirkTools.com sudah bisa diakses kembali.
Untuk skala yang lebih serius, kamu mebutuhkan tools yang lebih baik lagi agar bisa lebih detail dalam membuat layout yang responsive. Saya menggunakan QuirkTools.com menggunakan menu ScreenFly pada website tersebut.
  • Buka situs http://quirktools.com/screenfly/  dan masukkan Url yang ingin kamu test responsivenya.
  • Selanjutnya kamu bisa sesuaikan berbagai ukuran device yang kamu inginkan.
Bedanya dengan Google Chrome, dis web ini kita bisa memiliki berbagai macam ukuran device, mulai dari yang paling besar hingga yang paling kecil bisa dengan mudah kita gunakan dan sesuaikan dengan kebutuhan kita.
Dua Cara Mudah Test Responsive Template Atau Tema Blog
Tampilan QuirkTools ScreenFly
Dengan menggunakan cara-cara ini kita bisa dengan mudah mengetest layout responsive sebuah template dan seperti yang saya sudah katakan berulang kali ini akan memudahkan kita membuat tampilan yang responsive dalam sebuah template blog.

Sebagai alternatif lainnya saya merekomendasikan kamu untuk mencoba situs test responsive di http://responsivetesttool.com/ disana juga lumayan lengkap dan bisa untuk test website kamu.

Posting Komentar untuk "Dua Cara Mudah Test Responsive Template Atau Tema Blog"