Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cerita Sedikit dan Download Microsoft Edge Berbasis Chromium

Cerita Sedikit dan Download Microsoft Edge Berbasis Chromium
IwanBlog.com - Beberapa hari ini saya menerima beberapa feed google yang menceritakan tentang Microsoft Edge yang menggunakan base Chromium. Mulai dari WinPoin waktu itu beritanya saya baca dan saya tertarik untuk mencari lebih jauh dan langsung mencobanya di laptop saya sendiri.

Dahulu kita tahu Microsoft mengandalkan Internet Explorer sebagai browser default untuk versi-versi windows mereka, namun seperti yang kita ketahui selama ini browser tersebut hanya sebagai pelengkap saja dan bagian dari Windows itu sendiri, karena kalah bersaing dengan Browser dari Google Chrome dan Mozilla Firefox.

Edge Berbasis Chromium

Kali ini Microsoft membawa satu perubahan besar dan suatu keputusan yang sangat baik, agar browser default bisa segera dipakai oleh pengguna Windows itu sendiri tanpa harus menginstall sendiri Google Chrome maupun Mozilla Firefox.

Microsoft sepertinya menyerah dengan engine buatan mereka sendiri yang kurang digemari oleh kebanyakan pengguna Windows yaitu EdgeHTML.

Seperti yang kita maksudkan pada artikel ini, Microsoft sedang menggarap versi final dari perpaduan antara Browser Microsoft Edge dengan engine milik Google Chrome yaitu Blink.

Mencoba Edge Berbasis Chromium

Untuk Edge berbasis Chromium ini sendiri info yang saya dapatkan bahwa memiliki code name "Anaheim" namun belum bisa dipastikan apakah masih akan menggunakan nama Edge atau menggunakan nama lainnya, kita tunggu saja pada versi finalnya.

Namun dari versi yang saya dapatkan diinternet dan di forum-forum windows Microsoft Edge berbasis Chromium ini akan tetap menggunakan nama Edge.

Cerita Sedikit dan Download Microsoft Edge Berbasis Chromium
Menu About Microsoft Edge
Dari sisi tampilan sih sebenarnya masih menggunakan ciri kas dari Microsoft Edge itu sendiri, namun dari sisi penggunaan sangat berasa engine dari Chrome itu, fitur multi user juga tersedia, namun harus menggunakan akun microsoft tidak bisa menggunakan akun dari Gmail.

Jadi kita bisa menggunakan lebih dari satu akun Microsoft dan menyingkronkan history serta bookmarks yang kita miliki seperti halnya yang biasa kita lakukan ketika menggunakan Google Chrome.

Beberapa fitur yang mungkin akan tersemat pada Microsoft Edge Berbasis Chromuim ini :

  1. Microsoft Account Support
  2. Update tidak perlu mengikuti update dari versi Windows itu sendiri.
  3. Support untuk extensi dari Chromium
  4. Dan beberapa fitur lainnya yang nantinya akan saya update lebih lanjut.
Untuk kamu yang tidak sabar menunggu full rilis dari Microsoft Edget Chromium ini, kamu bisa mendownload pada link yang saya sertakan berikut :
Namun saya tidak merekomendasikan kamu untuk mendownload dan menginstallnya, karena mungkin ada bug disana sini yang belum kita ketahui. Pada penggunaan saya beberapa hari belakangan ini hingga artikel ini saya tulis tidak ada masalah dan bisa dikatakan aman-aman saja.

Update 13 April 2019 - Mircrosoft Edge Chrome Edition ini sudah tersedia secara official dan lebih aman untuk digunakan, versi yang saya install sewaktu update artikel ini adalah 74.1.96.24 (Official build) dev (64-bit).

Posting Komentar untuk "Cerita Sedikit dan Download Microsoft Edge Berbasis Chromium"